Picture
Tujuan hidup manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT, Sang Maha Pencipta sebagaimana difirmankan Allah dalam Al- Qur’an Surat Adz-Dzaariyaat ayat 56 yang berbunyi: "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku" dan Surat Al-Baqarah ayat 21 yang mengatakan “Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertaqwa"

Beribadah berarti melaksanakan segala sesuatu (yang baik) dengan semata mengharap ridla Allah. Bertaqwa artinya menjalankan segala yang diperintahkan olehNya dan meninggalkan segala yang dilarang olehNya.


 
 
Picture
Materi hari ini adalah pengenalan Operating System (Windows & DOS) dan pembuatan surat undangan dengan Microsoft Word 2007.

Ketika berada dalam mode DOS (Command Prompt), perintah hanya penggunakan keyboard dengan menulis command text, dalam mode ini mouse tidak dapat digunakan untuk melakukan perintah.  Penulisan perintah DOS harus diakhiri dengan menekan tombol Enter.

 
 
Picture
Pembagian Tenses
Tenses dapat diartikan sebagai pola kalimat yang menjelaskan suatu kejadian berdasarkan waktu terjadinya, pada masa lalu (Past), masa sekarang (Present) dan masa depan (Future). 

Penggunaan Tenses yang benar akan menyempurnakan tatabahasa dan grammar kita saat menulis bahasa Inggris sehingga akan menciptakan tulisan yang baik dan mudah dipahami.

 
 
Picture
Masa Sebelum Penciptaan Manusia
"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Albaqarah: 30)

Malaikat adalah makhluk Allah yang paling patuh terhadap segala perintahNya. Sebelum manusia pertama atau Adam diciptakan, malaikat sudah diciptakan terlebih dahulu.

 
 
Picture
Istilah Informatika dan Ilmu komputer
Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris. Namun, istilah informatics dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.

Ilmu Informasi
Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data.

 
 
Picture
Indikator Pembelajaran

Keterampilan:
  1. Menjelaskan indikator pembelajaran
  2. Menjelaskan arti bahasa
  3. Mengaplikasi fungsi bahasa sebagai sarana expresi diri
  4. Mengaplikasi kecerdasan berbahasa Indonesia
  5. Mengaplikasi fungsi bahasa sebagai sarana untuk memahami orang lain
  6. Mengaplikasi fungsi bahasa sebagai sarana komunikasi dalam berbagai situasi
  7. Bengaplikasi fungsi bahasa sebagai sarana pengembangan profesi
  8. Mengaplikasi berbagai ragam bahasa sesuai dengan kebutuhan berkomunikasi
  9. Mengkombinasikan kecerdasan berbahasa, kecerdasan profesi, serta kecerdasan akademis berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditekuni
  10. Mengaplikasi contoh-contoh ragam bahasa dalam berkomunikasi

 
 
Picture
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Perangkat keras
  1. Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
  2. Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
  3. Hard drive, media penyimpanan semi permanen
  4. Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
  5. Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer