Picture
Indikator Pembelajaran

Keterampilan:
  1. Menjelaskan indikator pembelajaran
  2. Menjelaskan arti bahasa
  3. Mengaplikasi fungsi bahasa sebagai sarana expresi diri
  4. Mengaplikasi kecerdasan berbahasa Indonesia
  5. Mengaplikasi fungsi bahasa sebagai sarana untuk memahami orang lain
  6. Mengaplikasi fungsi bahasa sebagai sarana komunikasi dalam berbagai situasi
  7. Bengaplikasi fungsi bahasa sebagai sarana pengembangan profesi
  8. Mengaplikasi berbagai ragam bahasa sesuai dengan kebutuhan berkomunikasi
  9. Mengkombinasikan kecerdasan berbahasa, kecerdasan profesi, serta kecerdasan akademis berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditekuni
  10. Mengaplikasi contoh-contoh ragam bahasa dalam berkomunikasi


Sikap
  1. Meningkatkan kecerdasan berbahasa secara konsisten dan berkelanjutan
  2. Mengembangjan kemampuan menggunakan fungsi dam ragam bahasa secara kreatif, inovatif, dan berkelanjutan


1. Arti Bahasa
Bahasa adalah sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. Bahasa yang baik berkembang berdasarkan suatu sistem, yaitu seperangkat aturan yang dipatuhi oleh pemakainya. Sistem tersebut mencakup unsur-insur berikut:
  1. Sistem lambang yang bermakna dan dapat dipahami oleh masyarakat pemakainya
  2. Sistem lambang tersebut bersifat konvensional yang ditentukan oleh masyarakat pemakainya berdasarkan kesepakatan
  3. Lambang-lambang tersebut bersifat arbiter (kesepakatan) digunakan secara berulang dan tetap
  4. Sistem lambang tersebut bersifat terbatas, tetapi produktif. Artinya dengan sistem yang sederhana dan jumlah aturan yang terbatas dapat menghailkan jumlah kata, frasam klausa, kalimat, paragraf, dan wacana yang tidak terbatas jumlahnya
  5. Sistem lambang bersifat unik, khas, dan tidak sama dengan lambang bahasa lain
  6. Sistem lambang dibangun berdasarkan kaidah yang bersifat universal. Hal ini memungkinkan bahwa suatu sistem bisa sama dengan sisten bahasa lain


2. Fungsi Bahasa
  1. Bahasa sebagai sarana komunikasi
    Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat. Fungsi tersebut digunakan dalam berbagai lingkungan, tingkatan, dan kepentingan yang berananeka ragam, misalnya, komunikasi, ilmiah, komunikasi bisnis, komunikasi kerja, komunikasi sosial, dan komunikasi budaya. Untuk itu, Anda diberi pengetahuan dan keterampilan menggunakan berbagai ragam bahasa yang dapat mendukung pengembangan pengetahahuan, keterampilan, dan sikap ilmiah.

    Manusia tidak dapat hidup seorang diri. Dalam memenuhi kebutuhannya setiap orang memerlukan kerjasama dengan orang lain. Kebutuhan manusia sangat banyak dan beraneka ragam. Mereka perlu berkomunikasi dalam berbagai lingkungan di tempat mereka berada: antar anggota keluarga - komunikasi keluarga, antar anggota masyarakat - komunikasi sosial, antar lembaga dalam linghkungan kerja - komunikasi kerja, antar pengusaha dalam lingkungan bisnis - komunikasi bisnis, antar ilmuwan - kominikasi ilmiah, dan sebagainya.

  2. Bahasa sebagai sarana integrasi dan adaptasi
    Dengan bahasa orang dapat menyatakan hidup bersama dalam suatu ikatan. Misalnya: integrasi kerja dalam sebuah institusi, integritas karyawan dalam sebuah departemen, integritas keluarga, integritas kerjasama dalam bidang bisnis, integritas berbangsa dan bernegaram dan lain-lain. Integritas tersebut menimbulkan konsekwensi, misalnya harus beradaptasi dalam integritas tersebut sehingga tidak menimbulkan konflik, perpecahan, atau permusuhan.

    Bahkanm bahasa menimbulkan suatu kekuatan yang merupakan sinergi dengan kekuatan orang lain dalam integritas tersebut. Kemampuan berintegritas dan beradaptasi ini dibangun melalui aturan verbal dan non-verbal dalam bentuk simbol-simbol, yaitu bahasa. Misalnya, seseorang tidak akan menggunakan bahasa ilmiah ketika berbelanja di warung karena menyadari bahwa bahasa ilmiah hanya digunakan untuk berkomunikasi ilmiah dengan sesama ilmuwan; seorang kondektur bus tidak akan menggunakan bahasa baku pada saat mempersilakan penumpang memasuki busnya; seorang ibu tidak akan menggunakan bahasa bisnis pada waktu menasihati anaknya; seorang anak tidak akan menggunakan bahasa resmi pada waktu minta uang transpor untuk kuliahnya.

  3. Bersambung .....


Sewa Ruang Kantor Jakarta Murah

 





Leave a Reply.